December 07, 2022
11 11 11 AM
Lendot Khas Karimun: Paduan Nikmat Sagu, Kangkung dan Seafood!
Simak Langkah Mempersiapkan Libur Akhir Tahun agar Nyaman dan Hemat!
Long Stay di Vila Kini Jadi Tren Liburan Baru Setelah Staycation!
Menjadi Ikon Hari Pahlawan, Begini Profil Hotel Yamato di Surabaya!
Penataan Labuan Bajo Selesai 2024, Ditargetkan Datangkan 1,5 Juta Wisatawan Per Tahun!
Penataan di Menara Kudus, Antar Jemput Wisatawan Akan Diatur!
Sensasi Makan Malam Sambil Menyusuri Sungai Chao Phraya Thailand!
Sensasi Unik Makan Bubur Ketan Hitam dengan Aneka Topping di Karawang
Damri Akan Perluas Pemesanan Tiket Bus Secara Online!
Puncak HUT Kota Yogyakarta ke-266, Ratusan Seniman Akan Meriahkan Karnaval Wayang!
Latest Post
Lendot Khas Karimun: Paduan Nikmat Sagu, Kangkung dan Seafood! Simak Langkah Mempersiapkan Libur Akhir Tahun agar Nyaman dan Hemat! Long Stay di Vila Kini Jadi Tren Liburan Baru Setelah Staycation! Menjadi Ikon Hari Pahlawan, Begini Profil Hotel Yamato di Surabaya! Penataan Labuan Bajo Selesai 2024, Ditargetkan Datangkan 1,5 Juta Wisatawan Per Tahun! Penataan di Menara Kudus, Antar Jemput Wisatawan Akan Diatur! Sensasi Makan Malam Sambil Menyusuri Sungai Chao Phraya Thailand! Sensasi Unik Makan Bubur Ketan Hitam dengan Aneka Topping di Karawang Damri Akan Perluas Pemesanan Tiket Bus Secara Online! Puncak HUT Kota Yogyakarta ke-266, Ratusan Seniman Akan Meriahkan Karnaval Wayang!

Soal Tiket Candi Borobudur, Luhut Ungkap Pelibatan UNESCO

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menjelaskan, penetapan tarif masuk Candi Borobudur sebesar Rp 750.000 untuk wisatawan lokal didasarkan pada kajian mendalam. Ia bahkan menyebutkan bahwa United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization atau UNESCO terlibat karena candi Budha terbesar itu merupakan Situs Warisan Dunia.

Mengenai Borobudur, kami melakukan studi komprehensif di sana dengan UNESCO dan menemukan jumlahnya. Tapi karena ribut, kami tunda,” kata Luhut saat rapat kerja dengan Badan Anggaran DPR di Jakarta, Kamis, 9 Juni 2019. 2022.

Salah satu temuan penelitian adalah Candi Borobudur mengalami penurunan ketinggian dan kerusakan akibat terpaan pengunjung. Karena itu, sesuai anjuran UNESCO, jumlah pengunjung dibatasi tidak lebih dari 1.200 orang per hari.

Selain itu, ke depan es laut Luhut akan menjadi jalan tol baru yang akan melintasi kawasan Borobudur. Luhut memperkirakan sekitar 26 juta pengguna jalan akan melewati dan kemungkinan mengunjungi Borobudur.

Jadi kalau kita buka tol sekarang 26 juta orang akan datang dalam setahun, berapa juta yang bisa datang ke Borobudur,” kata Luhut.

Selain itu, Luhut menyebutkan kondisi homestay di kawasan Borobudur yang kembali dipenuhi wisatawan dengan dibukanya kembali pariwisata setelah penyebaran Covid-19 berkurang. Hal ini dapat meningkatkan kunjungan ke destinasi wisata.

Luhut mengatakan hal-hal tersebut telah diperhitungkan dalam penerapan kebijakan kunjungan wisata baru di Candi Borobudur untuk memenuhi kebutuhan revitalisasi cagar budaya. Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi juga bertugas mengkoordinir sektor pariwisata, sehingga Luhut terlibat dalam penetapan harga tiket masuk Candi Borobudur.

Saat ini, pemerintah telah memutuskan untuk menunda sementara penerapan tiket Candi Borobudur senilai Rp 750.000 bagi wisatawan lokal yang ingin naik ke kawasan stupa. PT Taman Wisata Candi Borobudur dan Balai Konservasi Borobudur akan berkomunikasi kembali dengan pihak terkait untuk penetapan harga tiket.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *