January 28, 2023
11 11 11 AM
Citra Yogyakarta Sebagai Destinasi Favorit Dibayangi Kemiskinan Warga, Sultan HB X Siapkan Dua Strategi!
Stasiun Kereta Api Terbesar Se-Asia Tenggara di Bangkok Mulai Beroperasi, Setelah 10 Tahun Pembangunan
Imigrasi Buka Layanan Paspor pada Akhir Pekan Sampai 25 Januari
Seperti Indonesia, Selandia Baru Tak Wajibkan Tes Covid-19 untuk Pelancong Asal Cina
Malam Tahun Baru, Alun-alun Kidul Ditutup, Malioboro Bebas Akses!
Revitalisasi Keraton Surakarta Terganjal Konflik Internal, Gibran: Saya Tidak Bisa Intervensi!
Hong Kong Bakal Hapus Sejumlah Aturan Perjalanan bagi Turis Asing!
Lendot Khas Karimun: Paduan Nikmat Sagu, Kangkung dan Seafood!
Simak Langkah Mempersiapkan Libur Akhir Tahun agar Nyaman dan Hemat!
Long Stay di Vila Kini Jadi Tren Liburan Baru Setelah Staycation!
Latest Post
Citra Yogyakarta Sebagai Destinasi Favorit Dibayangi Kemiskinan Warga, Sultan HB X Siapkan Dua Strategi! Stasiun Kereta Api Terbesar Se-Asia Tenggara di Bangkok Mulai Beroperasi, Setelah 10 Tahun Pembangunan Imigrasi Buka Layanan Paspor pada Akhir Pekan Sampai 25 Januari Seperti Indonesia, Selandia Baru Tak Wajibkan Tes Covid-19 untuk Pelancong Asal Cina Malam Tahun Baru, Alun-alun Kidul Ditutup, Malioboro Bebas Akses! Revitalisasi Keraton Surakarta Terganjal Konflik Internal, Gibran: Saya Tidak Bisa Intervensi! Hong Kong Bakal Hapus Sejumlah Aturan Perjalanan bagi Turis Asing! Lendot Khas Karimun: Paduan Nikmat Sagu, Kangkung dan Seafood! Simak Langkah Mempersiapkan Libur Akhir Tahun agar Nyaman dan Hemat! Long Stay di Vila Kini Jadi Tren Liburan Baru Setelah Staycation!

Singgah 4 Rest Area Menarik di Sepanjang Jalan Tol Trans Jawa

Untuk menjaga kenyamanan pengendara, telah didirikan rest area atau tempat istirahat dan pelayanan (TIP) di sepanjang Jalan Tol Trans Jawa. Tidak hanya untuk beristirahat, rest area juga menjadi tempat wisata. Tersedia berbagai fasilitas penunjang yang akan membuat waktu istirahat Anda semakin nyaman dan menyenangkan.

Berikut 4 rest area menarik di sepanjang Tol Trans Jawa:

1. Tempat istirahat 360

Rest Area 360 terletak di Jalan Tol Semarang-Batang. Rest area yang dikelola oleh Marga Rest Area Batang (JRB) seluas sekitar 7,4 hektar ini dapat meningkatkan perekonomian daerah. Secara total, Rest Area 360 memiliki 51 fasilitas termasuk kebun binatang mini, lapangan futsal, bola voli, taman, dan senam pagi.

2. Tempat istirahat KM 260B

Rest area di KM 260B Tol Pejagan-Pemalang berada di lokasi bekas Pabrik Gula Banjaratma yang beroperasi pada tahun 1908. Namun, sekarang telah diubah menjadi museum mesin stasioner. Museum ini memamerkan kesuksesan bisnis gula di Jawa pada awal abad ke-20.

Area istirahat KM 260B memiliki ruang dan trek peralatan, tungku, roda gila, dan mesin uap. Pabrik gula ini ditenagai oleh mesin uap yang menggunakan kayu dan batu bara. Di atas lahan seluas 11 hektar terdapat 64 stand UMKM dan 52 stand usaha kategori besar. Rest area ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti SPBU, MCK, Mushola, tempat kuliner dan tenant UMKM.

3. Tempat istirahat KM 429

Bagi pengendara yang hendak menuju Semarang-Solo, rest area di KM 429 bisa dihentikan untuk istirahat. Tempat ini menawarkan panorama indah Gunung Ungaran. Wisatawan bisa berfoto dengan pemandangan alam yang eksotis di puncak bukit.

Dengan puluhan penyewa yang tersedia di rest stop ini, pengendara juga bisa berburu kuliner. Ada juga masjid megah dengan arsitektur kubah modern yang membuat nyaman pengendara untuk beribadah. Tak ketinggalan fasilitas lainnya seperti SPBU, toilet dan toko suvenir.

4. Istirahat Pendopo 456

Rest Pendopo 456 terletak di kilometer 456 jalan tol Semarang-Solo. Rest area ini berada di ketinggian sekitar 600 meter di atas permukaan laut dalam cuaca yang sejuk. Kawasan ini dikelilingi oleh perkebunan akasia, karet dan sangon ke arah Solo. Ada lima bangunan utama yang menggambarkan keberadaan lima gunung di wilayah Jawa Tengah, yaitu Gunung Merapi, Merbabu, Sumbing, Sindoro dan Ungaran.

Tempat peristirahatan ini disebut Resta atau tempat peristirahatan dan pariwisata karena menawarkan panorama pegunungan, persawahan dan sungai. Apakah fasilitasnya cukup lengkap seperti tempat parkir yang luas, toilet ada puluhan, outlet UMKM ada 40 untuk makanan, kerajinan, pakaian, souvenir, centralis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *