January 26, 2023
11 11 11 AM
Citra Yogyakarta Sebagai Destinasi Favorit Dibayangi Kemiskinan Warga, Sultan HB X Siapkan Dua Strategi!
Stasiun Kereta Api Terbesar Se-Asia Tenggara di Bangkok Mulai Beroperasi, Setelah 10 Tahun Pembangunan
Imigrasi Buka Layanan Paspor pada Akhir Pekan Sampai 25 Januari
Seperti Indonesia, Selandia Baru Tak Wajibkan Tes Covid-19 untuk Pelancong Asal Cina
Malam Tahun Baru, Alun-alun Kidul Ditutup, Malioboro Bebas Akses!
Revitalisasi Keraton Surakarta Terganjal Konflik Internal, Gibran: Saya Tidak Bisa Intervensi!
Hong Kong Bakal Hapus Sejumlah Aturan Perjalanan bagi Turis Asing!
Lendot Khas Karimun: Paduan Nikmat Sagu, Kangkung dan Seafood!
Simak Langkah Mempersiapkan Libur Akhir Tahun agar Nyaman dan Hemat!
Long Stay di Vila Kini Jadi Tren Liburan Baru Setelah Staycation!
Latest Post
Citra Yogyakarta Sebagai Destinasi Favorit Dibayangi Kemiskinan Warga, Sultan HB X Siapkan Dua Strategi! Stasiun Kereta Api Terbesar Se-Asia Tenggara di Bangkok Mulai Beroperasi, Setelah 10 Tahun Pembangunan Imigrasi Buka Layanan Paspor pada Akhir Pekan Sampai 25 Januari Seperti Indonesia, Selandia Baru Tak Wajibkan Tes Covid-19 untuk Pelancong Asal Cina Malam Tahun Baru, Alun-alun Kidul Ditutup, Malioboro Bebas Akses! Revitalisasi Keraton Surakarta Terganjal Konflik Internal, Gibran: Saya Tidak Bisa Intervensi! Hong Kong Bakal Hapus Sejumlah Aturan Perjalanan bagi Turis Asing! Lendot Khas Karimun: Paduan Nikmat Sagu, Kangkung dan Seafood! Simak Langkah Mempersiapkan Libur Akhir Tahun agar Nyaman dan Hemat! Long Stay di Vila Kini Jadi Tren Liburan Baru Setelah Staycation!

Simak Langkah Mempersiapkan Libur Akhir Tahun agar Nyaman dan Hemat!

Persiapan adalah hal yang penting saat merencanakan liburan, terutama untuk libur akhir tahun yang hanya datang sekali setahun. Libur di penghujung tahun ini perlu persiapan matang karena pada momentum itu sebagian besar orang melakukan hal yang sama sehingga tempat wisata atau akomodasi bisa sangat ramai.

Maka, butuh persiapan, baik dari segi alokasi budget, logistik, kesehatan diri hingga rencana perjalanan agar liburan bisa berjalan nyaman dan menyenangkan. Berikut sejumlah tips yang bisa dilakukan agar momen liburan tetap aman, nyaman, dan terjangkau, berdasarkan keterangan resmi Pegipegi:

Baca Juga :
Jual Saldo Paypal
Jual Beli Saldo Paypal
Saldo Paypal Terpercaya

Tentukan jadwal perjalanan

Ini adalah hal yang perlu ditentukan di awal. Pastikan kapan dan berapa lama akan melakukan perjalanan. Jadwal ini juga akan menjadi acuan jika harus mengajukan cuti ke tepat kerja. Dengan jadwal ini, wisatawan juga bisa mempunyai perkiraan waktu yang jelas dalam mempersiapkan perjalanan, mulai daribiaya, memesan akomodasi dan tiket transportasi, menyusun itinerary hingga merapikan perlengkapan dan bekal perjalanan.

Jaga kondisi kesehatan

Tak ada yang enak dan menyenangkan dilakukan jika sedang sakit. Maka, menjaga kesehatan sebelum dan saat liburan wajib dilakukan. Jaga pola konsumsi makan dan minum yang sehat dan bergizi, istirahat yang cukup dan lakukanlah olahraga ringan.

Persiapkan budget liburan

Liburan pasti membutuhkan biaya, tapi jangan sampai menguras tabungan dan membuat kesulitan setelahnya. Alokasikan bujet sesuai kemampuan dan kebutuhan ke dalam beberapa pos anggaran, seperti transportasi, penginapan, makanan, tiket masuk atraksi atau wahana hingga belanja oleh-oleh.

Tentukan destinasi liburan

Kumpulkan informasi selengkap mungkin dari internet, media sosial dan sumber lainnya dalam menentukan tujuan liburan. Pastikan destinasi kota atau negara yang dikunjungi memiliki biaya hidup yang sesuai dengan alokasi budget yang sudah ditentukan.

Baca juga :
Jasa Pbn Premium
Jasa Pbn Berkualitas
Jasa Pbn

Sejumlah destinasi menawarkan harga tiket murah, bahkan gratis, mungkin bisa menjadi tujuan. Jangan lupa untuk menggali informasi seputar akomodasi terdekat, cara menuju tempat wisata yang dipilih, berapa biaya transportasi yang harus dikeluarkan hingga harga tiket masuk ke tempat-tempat wisata yang ingin dikunjungi.

Pesan akomodasi dan tiket transportasi lebih awal

Saat libur akhir tahun, harga akomodasi hingga tiket transportasi biasanya lebih tinggi karena masuk high season. Maka, jika ingin sedikit berhemat, lakukan pemesanan lebih awal. Pegipegi mencatat rata-rata kenaikan harga hotel saat high season, yaitu 15 persen lebih mahal dibandingkan low season. Sedangkan untuk tiket transportasi liburan akhir tahun, seperti pesawat, diprediksi bakal meningkat sekitar 10 hingga 20 persen. Periode November hingga awal Desember merupakan momen terbaik untuk memesan akomodasi dan tiket transportasi agar lebih terjangkau saat libur akhir tahun.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *