August 12, 2022
11 11 11 AM
Melawat ke Kota Purwokerto? 4 Destinasi Wisata Ini Patut Dikunjungi
Unggahan Tamu soal Cerita Horor Pengalaman Menginap di Resor Viral, Dihapus Usai Diancam Gugatan Hukum
Rayakan Idul Adha, Wisata Keraton Yogyakarta Tutup 3 Hari
Pemerintah Kota Yogyakarta Libatkan Polisi Usut Kasus Pengamen Pukul Wisatawan
Masjid Baru di Bandara Hang Nadim Kota Batam Berbentuk Penutup Kepala Melayu
Ribut Tiket Candi Borobudur Reda, Kini Giliran Pedagang Asongan Mengeluh
Jalan-jalan ke Purworejo, Mainkan 6 Kuliner Khas ini
Soal Tiket Candi Borobudur, Luhut Ungkap Pelibatan UNESCO
Jalan-jalan ke Pulau Pahawang, Puas Snorkeling di Taman Nemo
Ada Tempat Kuliner Baru di Kali Pepe Boyolali, Cocok untuk Rekreasi Keluarga
Latest Post
Melawat ke Kota Purwokerto? 4 Destinasi Wisata Ini Patut Dikunjungi Unggahan Tamu soal Cerita Horor Pengalaman Menginap di Resor Viral, Dihapus Usai Diancam Gugatan Hukum Rayakan Idul Adha, Wisata Keraton Yogyakarta Tutup 3 Hari Pemerintah Kota Yogyakarta Libatkan Polisi Usut Kasus Pengamen Pukul Wisatawan Masjid Baru di Bandara Hang Nadim Kota Batam Berbentuk Penutup Kepala Melayu Ribut Tiket Candi Borobudur Reda, Kini Giliran Pedagang Asongan Mengeluh Jalan-jalan ke Purworejo, Mainkan 6 Kuliner Khas ini Soal Tiket Candi Borobudur, Luhut Ungkap Pelibatan UNESCO Jalan-jalan ke Pulau Pahawang, Puas Snorkeling di Taman Nemo Ada Tempat Kuliner Baru di Kali Pepe Boyolali, Cocok untuk Rekreasi Keluarga

Masjid Baru di Bandara Hang Nadim Kota Batam Berbentuk Penutup Kepala Melayu

Destinasi wisata religi di Kota Batam semakin meningkat. Yang terbaru adalah Masjid Tanwirun Naja atau Masjid Tanjak. Uniknya, masjid ini tidak memiliki kubah seperti masjid biasanya. Bentuk Masjid Tanjak menyerupai tanjak Melayu atau hiasan kepala khas Melayu yang mengarah ke atas.

Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto meresmikan Masjid Tanjak di kawasan Bandara Internasional Hang Nadim pada Jumat, 24 Juni 2022 ‘Desain’, kata Airlangga Hartarto.

Masjid ini berdiri di atas lahan seluas 15.100 meter persegi dengan luas bangunan 4.983 meter persegi. Masjid Tanjak dapat menampung 1.250 jemaah, dengan 1.000 jemaah di lantai dasar dan 250 jemaah di lantai dua.

Baca Juga :
Jual Saldo Paypal
Jual Beli Saldo Paypal
Saldo Paypal Terpercaya

Dari jalan utama menuju bandara, masjid ini menyerupai tanjak Melayu. Tanjak adalah kain yang dilipat kemudian dibungkus sebagai penutup kepala dengan ujung yang meruncing. Tanjak sering digunakan oleh orang Melayu pada acara-acara resmi.

Masjid ini juga menyandang warna khas Melayu. Bagian atas tembok berwarna biru, bagian tengah berwarna kuning, kemudian hitam dan merah pada lapisan bawah. Menara masjid ini diselingi dengan warna biru dan kuning. Seperti masjid lainnya, terdapat simbol bulan dan bintang di bagian atas masjid yang runcing.

Sebagian besar dinding masjid ini dihiasi dengan ukiran khas Melayu. Masjid Tanjak memiliki taman yang cukup luas dengan beberapa pepohonan dan rerumputan. Di sekitar masjid juga terdapat kolam ikan dengan air mancur.

Salah satu keistimewaan interior masjid adalah mimbar khutbah yang juga menyerupai hiasan kepala tanjak khas Melayu. Beberapa sisi mimbar memiliki kaligrafi Arab berwarna emas. Mimbar ini juga menjadi spot populer bagi pengunjung untuk berfoto.

Masjid Tanjak didesain tanpa pintu khusus. Beberapa ruangan masjid terbuka, sehingga sirkulasi udara lebih merata. Tidak ada kipas angin atau AC di dalam masjid. Ada banyak tempat untuk mandi baik di dalam maupun di luar masjid. Ada juga toilet es.

Baca juga :
Jasa Pbn Premium
Jasa Pbn Berkualitas
Jasa Pbn

Kepala Badan Pengusahaan Batam Muhammad Rudi mengatakan pembangunan Masjid Tanjak harus menjadi ikon destinasi wisata religi di Kota Batam sejak awal. Ide bentuk tanjak erat kaitannya dengan budaya setempat,” ujarnya. Pembangunan Masjid Tanjak akan dimulai pada 2021 bus 2022.

Pembangunan Masjid Tanjak, lanjut Rudi, berasal dari Majelis Pimpinan Majelis Ulama Indonesia atau MUI Kota Batam. MUI juga menyebutnya Masjid Tanwirun Naja yang artinya Cahaya Keselamatan. Kami berharap masjid ini menjadi penerang bagi keselamatan umat Islam,” ujarnya.

Selain Masjid Tanjak yang berada di kawasan Bandara Hang Nadim, sejumlah destinasi wisata religi berupa masjid di Kota Batam yang bisa dikunjungi wisatawan adalah Masjid Raya Kota Batam, Masjid Syah Riayat, Masjid Jabal Arafah dan Masjid Raya. Masjid Muhammad Cheng Hoo. Masing-masing masjid ini memiliki sejarah yang menarik.

Leave a Reply

Your email address will not be published.