January 26, 2023
11 11 11 AM
Citra Yogyakarta Sebagai Destinasi Favorit Dibayangi Kemiskinan Warga, Sultan HB X Siapkan Dua Strategi!
Stasiun Kereta Api Terbesar Se-Asia Tenggara di Bangkok Mulai Beroperasi, Setelah 10 Tahun Pembangunan
Imigrasi Buka Layanan Paspor pada Akhir Pekan Sampai 25 Januari
Seperti Indonesia, Selandia Baru Tak Wajibkan Tes Covid-19 untuk Pelancong Asal Cina
Malam Tahun Baru, Alun-alun Kidul Ditutup, Malioboro Bebas Akses!
Revitalisasi Keraton Surakarta Terganjal Konflik Internal, Gibran: Saya Tidak Bisa Intervensi!
Hong Kong Bakal Hapus Sejumlah Aturan Perjalanan bagi Turis Asing!
Lendot Khas Karimun: Paduan Nikmat Sagu, Kangkung dan Seafood!
Simak Langkah Mempersiapkan Libur Akhir Tahun agar Nyaman dan Hemat!
Long Stay di Vila Kini Jadi Tren Liburan Baru Setelah Staycation!
Latest Post
Citra Yogyakarta Sebagai Destinasi Favorit Dibayangi Kemiskinan Warga, Sultan HB X Siapkan Dua Strategi! Stasiun Kereta Api Terbesar Se-Asia Tenggara di Bangkok Mulai Beroperasi, Setelah 10 Tahun Pembangunan Imigrasi Buka Layanan Paspor pada Akhir Pekan Sampai 25 Januari Seperti Indonesia, Selandia Baru Tak Wajibkan Tes Covid-19 untuk Pelancong Asal Cina Malam Tahun Baru, Alun-alun Kidul Ditutup, Malioboro Bebas Akses! Revitalisasi Keraton Surakarta Terganjal Konflik Internal, Gibran: Saya Tidak Bisa Intervensi! Hong Kong Bakal Hapus Sejumlah Aturan Perjalanan bagi Turis Asing! Lendot Khas Karimun: Paduan Nikmat Sagu, Kangkung dan Seafood! Simak Langkah Mempersiapkan Libur Akhir Tahun agar Nyaman dan Hemat! Long Stay di Vila Kini Jadi Tren Liburan Baru Setelah Staycation!

Malam Tahun Baru, Alun-alun Kidul Ditutup, Malioboro Bebas Akses!

Wisatawan yang berencana melewatkan malam tahun baru di Kota Yogyakarta perlu mengetahui beberapa titik yang akan dibuka dan ditutup. Salah satunya, surat edaran Keraton Yogyakarta menjelang malam pergantian tahun baru 2023.

Surat Edaran Penutupan Alun-alin Kidul

Surat edaran yang ditandatangani Penghageng Kawedanan Hageng Panitrapura Keraton Yogyakarta Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Condrokirono itu berisi pemberian izin Keraton Yogyakarta ihwal permohonan penutupan akses Alun-alun Kidul (selatan) saat malam pergantian tahun baru. Penutupan akses Alun-alun Kidul itu akan dimulai Sabtu, 31 Desember 2022 pukul 18.00 WIB hingga Ahad, 1 Januari 2023 pukul 06.00 WIB.

Baca Juga :
Jual Saldo Paypal
Jual Beli Saldo Paypal
Saldo Paypal Terpercaya

“Kami memberikan izin penutupan akses Alun-alun Selatan saat malam pergantian tahun baru untuk mengurangi kemacetan dan mencegah kerawanan keamanan,” kata GKR Condrokirono dalam surat tersebut.

Surat ihwal penutupan Alun-alun Kidul Kota Yogyakarta itu ditujukan kepada Mantri Pamong Praja Kemantren Kraton Kota Yogyakarta yang diterbitkan pada 26 Desember 2022. Untuk penutupan Alun-Alun Kidul itu, GKR Condrokirono meminta teknis pelaksanaannya dilakukan dengan koordinasi kepolisian, koramil, satuan polisi pamong praja (Satpol PP) dan Kawedanan Puraraksa Keraton Yogyakarta.

Baca juga :
Jasa Pbn Premium
Jasa Pbn Berkualitas
Jasa Pbn

Alun-alun Kidul Pusat Kumpul Favorit Wisatawan

Alun-alun Kidul atau Alun-alun Selatan Yogyakarta sendiri selama ini dikenal sebagai salah satu pusat kumpul masyarakat dan wisatawan paling favorit, terutama saat sore dan malam hari. Selain banyak terdapat aneka jajanan seperti Wedang Ronde, Jagung Bakar, juga lesehan, banyak pula hiburan di area itu. Seperti odong-odong keliling sampai permainan masangin atau melewati dua beringin dengan mata tertutup.

Camat atau Mantri Pamong Praja Kemantren Kraton Sumargandi mengatakan penutupan Alun-alun Kidul dilakukan di sejumlah titik masuknya baik barat, timur dan selatan. “Untuk penutupan akses dari selatan dari Plengkung Gading, sedangkan dari barat dari akses Jalan Patehan Kraton dan SMP Muhammadiyah 5, dan untuk sisi timur dari jalan Langenastran Lor dan Kidul,” kata Sumargandi. Selama penutupan, aktivitas perekonomian di kawasan Alun-alun Selatan juga ditiadakan.

Tidak Ada Penutupan di Malioboro

Adapun Kepala Pos Pengamanan Terpadu Teteg Malioboro Sugiyarto mengatakan pada malam tahun baru dipastikan kawasan Malioboro tidak ada penutupan sehingga lalu lintas akan berjalan normal seperti biasa. “Tidak ada penutupan, hanya akan ada penebalan pengamanan di seluruh kawasan Malioboro untuk mengurai kepadatan lalu lintas dan memberikan kenyamanan bagi para wisatawan dan pengunjung,” kata dia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *