January 28, 2023
11 11 11 AM
Citra Yogyakarta Sebagai Destinasi Favorit Dibayangi Kemiskinan Warga, Sultan HB X Siapkan Dua Strategi!
Stasiun Kereta Api Terbesar Se-Asia Tenggara di Bangkok Mulai Beroperasi, Setelah 10 Tahun Pembangunan
Imigrasi Buka Layanan Paspor pada Akhir Pekan Sampai 25 Januari
Seperti Indonesia, Selandia Baru Tak Wajibkan Tes Covid-19 untuk Pelancong Asal Cina
Malam Tahun Baru, Alun-alun Kidul Ditutup, Malioboro Bebas Akses!
Revitalisasi Keraton Surakarta Terganjal Konflik Internal, Gibran: Saya Tidak Bisa Intervensi!
Hong Kong Bakal Hapus Sejumlah Aturan Perjalanan bagi Turis Asing!
Lendot Khas Karimun: Paduan Nikmat Sagu, Kangkung dan Seafood!
Simak Langkah Mempersiapkan Libur Akhir Tahun agar Nyaman dan Hemat!
Long Stay di Vila Kini Jadi Tren Liburan Baru Setelah Staycation!
Latest Post
Citra Yogyakarta Sebagai Destinasi Favorit Dibayangi Kemiskinan Warga, Sultan HB X Siapkan Dua Strategi! Stasiun Kereta Api Terbesar Se-Asia Tenggara di Bangkok Mulai Beroperasi, Setelah 10 Tahun Pembangunan Imigrasi Buka Layanan Paspor pada Akhir Pekan Sampai 25 Januari Seperti Indonesia, Selandia Baru Tak Wajibkan Tes Covid-19 untuk Pelancong Asal Cina Malam Tahun Baru, Alun-alun Kidul Ditutup, Malioboro Bebas Akses! Revitalisasi Keraton Surakarta Terganjal Konflik Internal, Gibran: Saya Tidak Bisa Intervensi! Hong Kong Bakal Hapus Sejumlah Aturan Perjalanan bagi Turis Asing! Lendot Khas Karimun: Paduan Nikmat Sagu, Kangkung dan Seafood! Simak Langkah Mempersiapkan Libur Akhir Tahun agar Nyaman dan Hemat! Long Stay di Vila Kini Jadi Tren Liburan Baru Setelah Staycation!

Jalan-jalan ke Purworejo, Mainkan 6 Kuliner Khas ini

Banyak orang mengenal Purworejo sebagai sebuah kota pensiun karena banyaknya pensiunan yang bermukim di kota ini. Atay, kota tentara karena dari sini lahir putra pejuang seperti Ahmad Yani, WR Supratman dan Sarwo Edhie Wibowo. Namun, tahukah Anda bahwa kabupaten yang berbatasan langsung dengan DI Yogyakarta ini memiliki berbagai kuliner khas yang lezat?

Berikut ini adalah rekomendasi kuliner yang bisa Anda cicipi ketika berkunjung atu singgah di Purworejo.

Kue Lompong

Kue lompong adalah salah satu kue yang hanya akan Anda temui di wilayah Purworejo dan sekitarnya. Kue ini memiliki warna hitam pekat dengan isian kacang di dalamnya. Kue ini terbuat dari tepung ketan dan memiliki rasa yang manis serta gurih. Anda bisa mendapatkan kue ini di pusat oleh-oleh ataupun di pasar tradisional.

Dawet Ireng

Dawet ireng merupakan salah satu minuman khas dari Purworejo yang menyegarkan. Minuman ini mirip dengan dawet ayu khas Banjarnegara, hanya saja dwet ireng memiliki dawet yang berwarna hitam. Warna hitam tersebut didaptkan dari serbuk abu bakaran oman atau batnag pohin padi yang dicampurkan dengan tepung sagu. Minuman ini menjadi salah satu favorit bagi mereka yang sedang singgah atau berkunjung di wilayah Purworejo. Salah satu warung dawet ireng yang melegenda di Purworejo adalah Dawet Ireng Jembatan Butuh.

Sego Penek

Sego penek adalah kuliner khas dari Purworejo, khususnya bagian Purworejo Selatan. Kuliner ini memiliki bentuk yang menyerupai nasi ayam khas Semarang, hanya saja sego penek dilengkapi dengan berbagai sayuran, seperti oseng pare dan nangka muda. Rasa dari sego penek adalah manis gurih. Sayangnya, penjual sego penek saat ini jarang ditemui.

Clorot

Clorot adalah salah satu kue khas dari Purworejo. Kue ini memiliki rasa yang manis dan terbuat dari tepung beras yang dicampu dengan santan serta dibungkus menggunakan daun kelapa muda. Untuk mendapatkan clorot, Anda bisa berkunjung ke pasar-pasar tradisional di Purworejo.

Geblek

Geblek adalah salah satu kuliner kuno yang khas dari Purworejo. Makanan ini terbuat dari tepung singkong dan untuk menikmatinya biasanya diberi saus kacang. Geblekl memiliki rasa yang gurih dengan tekstur yang kenyal. Ketika berkunjung atau singgah di Purworejo, Anda akan mudah menemui penjual geblek di pinggir jalan.

Dawet Goreng

Biasanya dawet disajikan dengan cendol, gula merah cair, dan santan. Namun, kuliner yang satu ini cukup unik karena dawet disajikan dengan cara digoreng. Dawet goreng merupakan makanan khas bagi masyarakat Purworejo, khususnya yang bermukim di wilayah Pegunungan Menoreh.

Dawet goreng terdiri atas taoge krispi, tahu goreng, bawang merah ireng, gula merah, dan sambal hijau. Rasa dari makanan ini cukup unik karena semua rasa berpadu jadi satu, muali dari manis, asin, pedas, hingga gurih. Untuk menikmati kuliner ini, Anda bisa berkunjung ke wilayah Kaligesing yang berada di bagian utara Purworejo.

Itulah beberapap rekomendasi kuliner yang bisa Anda cicipi ketika berkunjung atau singgah di Purworejo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *