December 07, 2022
11 11 11 AM
Lendot Khas Karimun: Paduan Nikmat Sagu, Kangkung dan Seafood!
Simak Langkah Mempersiapkan Libur Akhir Tahun agar Nyaman dan Hemat!
Long Stay di Vila Kini Jadi Tren Liburan Baru Setelah Staycation!
Menjadi Ikon Hari Pahlawan, Begini Profil Hotel Yamato di Surabaya!
Penataan Labuan Bajo Selesai 2024, Ditargetkan Datangkan 1,5 Juta Wisatawan Per Tahun!
Penataan di Menara Kudus, Antar Jemput Wisatawan Akan Diatur!
Sensasi Makan Malam Sambil Menyusuri Sungai Chao Phraya Thailand!
Sensasi Unik Makan Bubur Ketan Hitam dengan Aneka Topping di Karawang
Damri Akan Perluas Pemesanan Tiket Bus Secara Online!
Puncak HUT Kota Yogyakarta ke-266, Ratusan Seniman Akan Meriahkan Karnaval Wayang!
Latest Post
Lendot Khas Karimun: Paduan Nikmat Sagu, Kangkung dan Seafood! Simak Langkah Mempersiapkan Libur Akhir Tahun agar Nyaman dan Hemat! Long Stay di Vila Kini Jadi Tren Liburan Baru Setelah Staycation! Menjadi Ikon Hari Pahlawan, Begini Profil Hotel Yamato di Surabaya! Penataan Labuan Bajo Selesai 2024, Ditargetkan Datangkan 1,5 Juta Wisatawan Per Tahun! Penataan di Menara Kudus, Antar Jemput Wisatawan Akan Diatur! Sensasi Makan Malam Sambil Menyusuri Sungai Chao Phraya Thailand! Sensasi Unik Makan Bubur Ketan Hitam dengan Aneka Topping di Karawang Damri Akan Perluas Pemesanan Tiket Bus Secara Online! Puncak HUT Kota Yogyakarta ke-266, Ratusan Seniman Akan Meriahkan Karnaval Wayang!

Antisipasi Kepadatan Kendaraan, Dishub Kota Yogyakarta Terapkan Buka Tutup Lalu Lintas di Sejumlah Titik Krusial

Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta menerapkan manajemen lalu lintas dengan sistem buka tutup jalan situasional di sejumlah titik dalam kota untuk memenuhi musim liburan Lebaran guna mengantisipasi kemacetan atau kemacetan lalu lintas.

Pembukaan dan penutupan lalu lintas ini akan dilakukan di beberapa titik penting, dengan harapan arus lalu lintas di dalam kota Yogyakarta menjadi terkendali,” kata Kabid Pemkot Antara, Yogyakarta 03/05/2022.

Menurut dia, penerapan manajemen lalu lintas sangat penting, karena tidak menutup kemungkinan volume kendaraan yang memasuki Lebaran di Yogyakarta akan meningkat signifikan.

Petugas akan memblokir arus lalu lintas jika terlihat lalu lintas kendaraan terlalu padat di Kota Yogyakarta.

Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta memperkirakan akan terjadi kemacetan lalu lintas di dalam kota hingga akhir pekan, terutama di kawasan wisata dan saat berbelanja oleh-oleh di jalan yang menjadi pintu gerbang utama menuju Yogyakarta.

Kecuali lalu lintas buka dan tutup, kapasitas jalan yang ada tidak akan mampu menampung arus kendaraan yang masuk,” katanya.

Kota Yogyakarta memiliki luas wilayah terbatas 32,5 kilometer persegi dengan total panjang jalan hanya 202 kilometer.

Beberapa titik yang akan menjadi fokus angkutan umum antara lain Simpang Jalan AM Sangaji, Simpang Pingit, Simpang Godean, Simpang Imogiri Barat dan Imogiri Timur, Simpang Wonosari.

Mirip dengan kawasan Malioboro. Situasi buka tutup lalu lintas juga diterapkan. Jika terlalu padat, aliran ke Malioboro akan ditutup hingga kepadatannya runtuh,” katanya.

Atau wisatawan diinstruksikan untuk berbelok ke Stadion Kridosono terlebih dahulu sebelum memasuki kawasan Malioboro.

Pengelolaan angkutan umum juga diimbangi dengan pengaturan durasi lampu lalu lintas di sejumlah simpang yang menjadi pintu masuk utama di Kota Yogyakarta.

Selain menerapkan manajemen lalu lintas, Agus juga mengimbau wisatawan menggunakan angkutan umum ke sejumlah destinasi wisata di Kota Yogyakarta.

“Menggunakan angkutan umum, baik TransJogja maupun kendaraan berbasis aplikasi, dapat mengurangi kemacetan lalu lintas di jalan,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *