May 16, 2022
11 11 11 AM
Bisa Menuju Puncak Tanpa Lelah, Segini Tarif Jasa Taxi Kawah Ijen untuk Naik dan Turun
Ikuti 99 Papan Asmaul Husna, Temukan Peternakan Sapi Bak di Australia!
Libur Lebaran Usai, Yogyakarta Waspada Masa Inkubasi Covid-19
Taman Satwa Taru Jurug Solo Akan Tutup Sementara Mulai 1 Juli
Laos Kembali Terima Turis Asing Usai 2 Tahun Lebih Tutup Perbatasan Akibat Pandemi Covid-19
Viral Jembatan Hits di Bandung, Disebut Terpanjang Se-Asia Tenggara
Wisatawan Menginap di Masjid dan SPBU Gegara Hotel di Banda Aceh Penuh
Dugaan Sementara Penyebab Seluncuran Kenjeran Park Surabaya Ambrol
Tips Cegah Calo di Penyeberangan Saat Arus Balik, Beli Tiket Via Ferizy
Singgah 4 Rest Area Menarik di Sepanjang Jalan Tol Trans Jawa
Latest Post
Bisa Menuju Puncak Tanpa Lelah, Segini Tarif Jasa Taxi Kawah Ijen untuk Naik dan Turun Ikuti 99 Papan Asmaul Husna, Temukan Peternakan Sapi Bak di Australia! Libur Lebaran Usai, Yogyakarta Waspada Masa Inkubasi Covid-19 Taman Satwa Taru Jurug Solo Akan Tutup Sementara Mulai 1 Juli Laos Kembali Terima Turis Asing Usai 2 Tahun Lebih Tutup Perbatasan Akibat Pandemi Covid-19 Viral Jembatan Hits di Bandung, Disebut Terpanjang Se-Asia Tenggara Wisatawan Menginap di Masjid dan SPBU Gegara Hotel di Banda Aceh Penuh Dugaan Sementara Penyebab Seluncuran Kenjeran Park Surabaya Ambrol Tips Cegah Calo di Penyeberangan Saat Arus Balik, Beli Tiket Via Ferizy Singgah 4 Rest Area Menarik di Sepanjang Jalan Tol Trans Jawa

Antisipasi Kepadatan Kendaraan, Dishub Kota Yogyakarta Terapkan Buka Tutup Lalu Lintas di Sejumlah Titik Krusial

Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta menerapkan manajemen lalu lintas dengan sistem buka tutup jalan situasional di sejumlah titik dalam kota untuk memenuhi musim liburan Lebaran guna mengantisipasi kemacetan atau kemacetan lalu lintas.

Pembukaan dan penutupan lalu lintas ini akan dilakukan di beberapa titik penting, dengan harapan arus lalu lintas di dalam kota Yogyakarta menjadi terkendali,” kata Kabid Pemkot Antara, Yogyakarta 03/05/2022.

Menurut dia, penerapan manajemen lalu lintas sangat penting, karena tidak menutup kemungkinan volume kendaraan yang memasuki Lebaran di Yogyakarta akan meningkat signifikan.

Petugas akan memblokir arus lalu lintas jika terlihat lalu lintas kendaraan terlalu padat di Kota Yogyakarta.

Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta memperkirakan akan terjadi kemacetan lalu lintas di dalam kota hingga akhir pekan, terutama di kawasan wisata dan saat berbelanja oleh-oleh di jalan yang menjadi pintu gerbang utama menuju Yogyakarta.

Kecuali lalu lintas buka dan tutup, kapasitas jalan yang ada tidak akan mampu menampung arus kendaraan yang masuk,” katanya.

Kota Yogyakarta memiliki luas wilayah terbatas 32,5 kilometer persegi dengan total panjang jalan hanya 202 kilometer.

Beberapa titik yang akan menjadi fokus angkutan umum antara lain Simpang Jalan AM Sangaji, Simpang Pingit, Simpang Godean, Simpang Imogiri Barat dan Imogiri Timur, Simpang Wonosari.

Mirip dengan kawasan Malioboro. Situasi buka tutup lalu lintas juga diterapkan. Jika terlalu padat, aliran ke Malioboro akan ditutup hingga kepadatannya runtuh,” katanya.

Atau wisatawan diinstruksikan untuk berbelok ke Stadion Kridosono terlebih dahulu sebelum memasuki kawasan Malioboro.

Pengelolaan angkutan umum juga diimbangi dengan pengaturan durasi lampu lalu lintas di sejumlah simpang yang menjadi pintu masuk utama di Kota Yogyakarta.

Selain menerapkan manajemen lalu lintas, Agus juga mengimbau wisatawan menggunakan angkutan umum ke sejumlah destinasi wisata di Kota Yogyakarta.

“Menggunakan angkutan umum, baik TransJogja maupun kendaraan berbasis aplikasi, dapat mengurangi kemacetan lalu lintas di jalan,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.