May 16, 2022
11 11 11 AM
Bisa Menuju Puncak Tanpa Lelah, Segini Tarif Jasa Taxi Kawah Ijen untuk Naik dan Turun
Ikuti 99 Papan Asmaul Husna, Temukan Peternakan Sapi Bak di Australia!
Libur Lebaran Usai, Yogyakarta Waspada Masa Inkubasi Covid-19
Taman Satwa Taru Jurug Solo Akan Tutup Sementara Mulai 1 Juli
Laos Kembali Terima Turis Asing Usai 2 Tahun Lebih Tutup Perbatasan Akibat Pandemi Covid-19
Viral Jembatan Hits di Bandung, Disebut Terpanjang Se-Asia Tenggara
Wisatawan Menginap di Masjid dan SPBU Gegara Hotel di Banda Aceh Penuh
Dugaan Sementara Penyebab Seluncuran Kenjeran Park Surabaya Ambrol
Tips Cegah Calo di Penyeberangan Saat Arus Balik, Beli Tiket Via Ferizy
Singgah 4 Rest Area Menarik di Sepanjang Jalan Tol Trans Jawa
Latest Post
Bisa Menuju Puncak Tanpa Lelah, Segini Tarif Jasa Taxi Kawah Ijen untuk Naik dan Turun Ikuti 99 Papan Asmaul Husna, Temukan Peternakan Sapi Bak di Australia! Libur Lebaran Usai, Yogyakarta Waspada Masa Inkubasi Covid-19 Taman Satwa Taru Jurug Solo Akan Tutup Sementara Mulai 1 Juli Laos Kembali Terima Turis Asing Usai 2 Tahun Lebih Tutup Perbatasan Akibat Pandemi Covid-19 Viral Jembatan Hits di Bandung, Disebut Terpanjang Se-Asia Tenggara Wisatawan Menginap di Masjid dan SPBU Gegara Hotel di Banda Aceh Penuh Dugaan Sementara Penyebab Seluncuran Kenjeran Park Surabaya Ambrol Tips Cegah Calo di Penyeberangan Saat Arus Balik, Beli Tiket Via Ferizy Singgah 4 Rest Area Menarik di Sepanjang Jalan Tol Trans Jawa

5 Wisata Lombok Yang Wajib Dikunjungi, Sekalian Nonton Circuit Mandalika Juga Lho!

Lombok menarik untuk dijadikan destinasi wisata utama pada bulan Maret ini karena salah satu destinasi #DiIndonesiaAja akan menjadi tuan rumah event MotoGP Mandalika. Indonesia sendiri berpeluang menggelar seri kedua MotoGP 2022 di Mandalika pada 18-20 Maret, setelah pertama kali dibuka tahun ini di MotoGP Qatar. Di sirkuit Mandalika, semua pembalap terbaik dunia akan memperebutkan podium tertinggi.

Kesempatan ini tidak boleh dilewatkan karena Sirkuit Mandalika akan menjadi titik balik perhelatan MotoGP di Indonesia sejak terakhir kali terlihat di Sirkuit Sentul Bogor pada tahun 1996 dan 1997. Kerennya, Mandalika adalah sirkuit jalanan utama di ajang MotoGP, semakin menarik untuk disaksikan keseruannya.

Sambil menunggu H-Day, Anda bisa memacu adrenalin sambil mencoba berbagai wisata yang cocok untuk para penjelajah di Lombok. Follow terus akun Instagram @pesona.indonesia untuk tetap up to date dan mendapatkan inspirasi wisata dan informasi produk industri kreatif tentang Lombok untuk membantu Anda membuat liburan spesial kali ini. Ikuti juga kegiatan Pesona Got Quiz (PUKIS) untuk mendapatkan barang dan jutaan hadiah dari Wonderful Indonesia.

Berikut beberapa wisata Lombok yang bisa memacu adrenalin Anda sebelum menonton MotoGP Mandalika.

 

1. Lihat Burung Maleo dari Dekat di Hutan Mangrove Gili Sulat

 

Destinasi pertama yang wajib dikunjungi untuk memacu adrenalin di Lombok adalah hutan mangrove Gili Sulat. Tempat wisata di Kabupaten Lombok Timur ini merupakan habitat endemik berbagai jenis burung. Salah satunya adalah burung Maleo atau Macrocephalon Maleo.

Hal ini sangat menarik karena burung Maleo yang begitu tersebar luas di seluruh dunia diketahui hanya hidup di Sulawesi. Namun, siapa sangka wisatawan bisa menemukannya di Gili Sulut. Tidak hanya berbagai jenis burung, wisatawan juga dapat melihat spesies endemik hutan bakau lainnya, seperti kecambah ikan yang unik karena hidup dalam dua kingdom atau amfibi.

2. Pacu Adrenalin Dalam Diri dengan Jelajahi Air Terjun Benang Kelambu

Bentang alam Lombok sangat bervariasi, selain banyak pantai dan perbukitan, juga terdapat air terjun. Salah satunya yang terkenal di kalangan wisatawan adalah Air Terjun Benang Kelambu. Keindahan alam yang eksotis membuat destinasi #DiIndonesiaAja ini juga ideal untuk bersantai.

Meski begitu, para penjelajah terpacu adrenalin sejak pertama kali datang ke sini. Karena medan yang akan dilalui sangat berat. Ratusan anak tangga harus didaki melewati kawasan hutan dan perkebunan milik masyarakat setempat. Setelah menemukan lokasi Air Terjun Benang Kelambu, tak ada salahnya melompat dari ujung air terjun ke kolam alami yang jernih dan segar di bawahnya.

3. Beranikan Diri Berinteraksi dengan Monyet di Hutan Baun Pusuk

Bagi mereka yang senang menjelajahi hutan dan berinteraksi dengan satwa liar, Lombok juga memiliki Hutan Baun Pusuk. Kawasan wisata yang merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Rinjani ini kerap menjadi favorit para pemanjat tebing. Selain itu, di setiap titik pendakian terdapat pendopo kecil alias Berugak yang bisa digunakan untuk istirahat sejenak di tengah pendakian.

Adrenalin akan terpompa saat bertemu dengan monyet-monyet asli hutan ini. Meskipun primata ini berada di luar ruangan, mereka cukup ramah untuk dikunjungi wisatawan. Pendakian semakin seru karena jika haus bisa menikmati segarnya tuak manis yang dijual masyarakat di sepanjang jalur pendakian.

4. Selami Birunya Laut Lombok dengan Snorkeling atau Diving di Tanjung Aan

Popularitas Tanjung Aan memang tak perlu lagi diragukan di kalangan wisatawan. Namun, selain menawarkan pantai dengan tekstur pasir unik seperti merica dan barisan perbukitan yang menambah daya tariknya, Tanjung Aan juga menjadi tempat terbaik bagi para petualang.

Pasalnya, di Tanjung Aan wisatawan juga bisa memacu adrenalin dengan menyelami birunya laut Lombok, baik lewat snorkeling maupun diving. Bahkan, buat yang jago banget menyelam, bisa menjajal freediving. Dijamin keindahan alam bawah laut Tanjung Aan bakal membuat liburan ke Lombok jauh lebih berkesan.

5. Sempurnakan Jelajah dengan Memburu Sunset di Bukit Malimbu

Lengkapi prestasi Anda di Lombok dengan mengunjungi Bukit Malimbu. Terletak 10km dari Pantai Senggigi, daya tarik utama bukit ini adalah pemandangan matahari terbenam yang menakjubkan yang menghadap ke pedesaan Lombok di bawahnya. Meski jalurnya cukup menantang karena dipenuhi tanjakan tinggi, namun terbayar dengan kepuasan panorama yang disuguhkan dari atas bukit.

Berbagai destinasi yang memacu adrenalin di Lombok ini juga bisa digunakan untuk pemanasan sebelum merasakan secara langsung keseruan ajang balap paling bergengsi dunia, MotoGP, di Sirkuit Mandalika. Selain itu, banyak tempat wisata di Lombok yang telah menancapkan sertifikat CHSE (Cleanliness, Health, Safety & Environmental Sustainability), yaitu sertifikat untuk usaha pariwisata, destinasi pariwisata dan produk pariwisata lainnya, untuk memberikan jaminan kepada wisatawan atas terselenggaranya kebersihan, kesehatan dan kenyamanan. lingkungan. Dengan cara ini setiap orang dapat menikmati liburan yang nyaman dan menyenangkan.

Liburan di Lombok semakin mudah selama periode ini karena Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) juga menghadirkan INDOnesia CARE. Pedoman Protokol Kesehatan dan Pariwisata ini dihadirkan untuk mewujudkan upaya terbaik untuk bersama-sama mewujudkan kebersihan, keamanan, dan kelestarian lingkungan dalam kepariwisataan Indonesia.

Tak hanya itu, liburan di berbagai destinasi wisata #DiIndonesiaAja juga secara tidak langsung turut mendongkrak perekonomian nasional yang sempat terhenti selama situasi pandemi. Karena dengan liburan, hotel atau villa lokal di tempat wisata bisa diisi ulang. Banyak penjual makanan menerima pendapatan dari wisatawan yang mencari masakan lokal. Begitu juga di dekat tempat wisata, para pelaku UMKM bisa lebih menghimpun dana pemasukan dari wisatawan dengan menggunakan #BeliKreatifLokal sebagai oleh-oleh atau kenang-kenangan.

Dalam rangka optimalisasi pariwisata di Mandalika, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif siap mendukung sumber daya manusia dalam mendukung revitalisasi ekonomi dan penyerapan tenaga kerja di kawasan Mandalika. Salah satunya, Menparekraf Sandiaga Uno telah melakukan pembangunan infrastruktur di Desa Mong, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat untuk mempersiapkan akomodasi jelang ajang MotoGP Indonesia 2022 pada 18-20 Maret 2022.

“Tidak hanya pembangunan infrastruktur, tetapi juga pengembangan sumber daya manusia, ada 398 kawasan pemukiman di sekitar Mandalika. Nanti, kami akan memproses permintaan warga sambil menampung mereka terlebih dahulu. Nanti di desa ini akan kami hadirkan pelatihan SDM dari Poltekpar Lombok,” ujar Menparekraf Sandiaga Uno.

Tunggu apa lagi, pesan tiketnya sekarang juga untuk melihat MotoGP di Mandalika dan datang lebih awal agar liburanmu di Lombok benar-benar maksimal kali ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.